Cara Merawat Rain Cover Agar Awet dan Tahan Lama

tips merawat raincover tas

Merawat rain cover – Rain cover adalah alat bantu pelindung tas yang banyak digunakan untuk melindungi tas saat musim hujan. Rain cover adalah Salah satu cara menjaga tas agar tetap bersih, terawat dan tentunya terhindar dari hujan. Untuk itu anda harus memilih rain cover yang memiliki kualitas bagus dan terjamin.

Beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan rain cover adalah Melindungi tas dari hujan dan sinar matahari sehingga file/ isi tas tidak basah. Melindungi tas dari pencuri saat bepergian atau berada di transportasi umum. Rain caver juga melindungi tas anda dari debu dan panas. Dengan menggunakan rain cover anda juga akan terlihat trendy dan modern.

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat rain cover adalah Ripstok Coating (Waterproof), Bahan yang memiliki kekuatan dan tidak gampang sobek. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat rain cover adalah parasut, karena parasut selain memiliki berbagai jenis, tahan air juga dinilai memiliki keawetan tersendiri. Berikut adalah cara merawat rain cover agar awet dan tahan lama yang bisa anda pilih.

1. Segera bongkar rain cover setelah digunakan

Merawat rain cover pertama yang harus anda lakukan adalah melepas rain cover setelah digunakan, agar air yang menempel pada rain cover bisa segera hilang.

2. Jangan sikat secara asal

Merawat rain cover yang kedua adalah sikat dan bersihkan punggung atau badan rain cover dengan kain bekas atau sikat gigi bekas. Hindari penggunaan sikat gigi jika noda bisa dibersihkan dengan kain setengah basah.

3. Perlu Menggunakan deterjen atau tidak?

Sediakan air dalam ember secukupnya, tanpa ada sabun dan 1 ember lagi dengan sabun. Anda bisa menyikat dengan sikat gigi pada bagian yang membandel saja. Anda bisa menyikat bagian yang kotor dengan lembut dan satu arah.

Catatan : Anda harus mencuci rain cover setiap kali memakainya agar rain cover yang anda miliki awet dan tahan lama.

4. Merawat rain cover jangan terpapar sinar matahari

Setelah terlihat bersih, keringkan rain cover dengan cara diangin-anginkan saja. Bisa digantung hingga kering ditempat yang tidak terpapar panas matahari secara langsung agar warna yang ada pada rain cover tidak pudar.

5. Beri kapur barus setelah kering

Menghindari jamur jangan menaruh rain cover di tempat yang bersuhu lembab, Merawat rain cover. Agar awet dan tahan lama anda bisa memberinya kapur barus. Jamur bisa datang kapan saja bila udara di dalam rain cover lembab. Untuk merawat rain cover . Agar awet jangan biarkan jamur bersemayam di dalamnya. Jamur yang dibiarkan berada di rain cover tentu bisa merusak bahan rain cover bisa menyebabkan rain cover rapuh dan bau yang tidak sedap. Untuk mencegah itu semua, sebaiknya menyelipkan kapur barus sebelum menyimpan rain cover.

6. Bungkus rain cover dengan plastik

Setelah dicuci dan diselipkan kapur barus, simpan rain cover dengan membungkus menggunakan plastik. Pastikan plastik menutup seluruh permukaan rain cover dan jangan biarkan ada bagian yang terbuka untuk menghindarkan kemungkinan jamur atau debu bisa masuk.

7. Merawat rain cover dengan simpan dalam tas plastik

Rain cover yang telah dibungkus rapi dengan plastik sudah siap untuk disimpan di tas. Hal yang harus diperhatikan pada saat menyimpan rain cover adalah jangan ada barang berat yang menimpa rain cover.

Add a comment

*
*
*


− four = 3